Jumat, 17 Juni 2016

Siapkan makanan sehat untuk keluarga kita

TEMPO.COJakarta - Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih belakangan ini memang tengah menjadi tren. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan makan bersih?

Makan bersih berarti mengkonsumsi makanan yang higienis dan bersih dalam pembuatan dan bahan. Makan bersih juga berarti menghindari hidangan cepat saji atau yang tinggal dimasak atau dihangatkan dan memilih makanan yang benar-benar diproses dari awal.

Kedengarannya memang mudah. Tapi, ketika akan dijalankan, kenyataan menyiapkan makanan bersih itu ternyata cukup sulit, apalagi bila untuk seluruh keluarga. Berikut ini kiat yang harus dipersiapkan bila ingin “makan bersih”.

1. Bicarakan soal perubahan kesehatan bersama dengan keluarga
Bahaslah tentang gaya hidup sehat, dari manfaat kesehatan dan pengaruh makanan sehat buat tubuh.

2. Mulai secara perlahan
Tak perlu terburu-buru bila ingin melakukan perubahan. Daripada harus mengubah segala sesuatu secara mendadak, awali dengan menambah buah-buahan atau sayuran ke dalam menu. Di kala seluruh keluarga sudah menyukainya karena enak, mereka tak akan kehilangan makanan cepat saji yang sudah tak ada di meja.

3. Cari pengganti
Menghilangkan makanan kecil favorit anak-anak mungkin tidak perlu dilakukan secara drastis. Cobalah menggantinya dengan makanan yang lebih sehat dan tak kalah enak. Biarkan mereka mencoba menikmati makanan pengganti itu dulu. Selanjutnya, barulah secara bertahap mengganti semua camilan tak sehat.

4. Rencanakan dengan matang
Perencanaan sangat penting karena akan mengurangi keputusan mendadak dalam mengganti daftar menu.

5. Persiapkan bahan makanan
Persiapkan makanan sebelum disajikan kepada anak-anak, misalnya cucilah buah-buahan dan kemudian dipotong-potong, sehingga bisa langsung dimakan oleh si kecil.

6. Siapkan dana
Satu hal yang tak kalah penting tentu saja dana. Menyiapkan makanan secara utuh sejak awal lebih mahal dibanding hanya mengolah makanan cepat saji yang tinggal diseduh atau dipanaskan. Bila dana terbatas, cobalah tip berikut ini.

- Fokuslah pada buah-buahan yang sedang musim sehingga harganya tidak mahal.
- Tak perlu memaksakan diri membeli buah atau sayuran organik.
-  Makanan super yang sedang tren boleh masuk rencana. Namun, jika dana tidak memadai untuk membeli biji chia atau beri goji, cukuplah membeli buah-buahan dan sayuran yang terjangkau untuk kebutuhan sehari-hari.
- Menyimpan buah dan sayur di lemari pembeku juga tidak ada salahnya sehingga bisa menghemat sisa buah atau sayur yang belum terpakai.

VERYWELL | PIPIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar