Sabtu, 30 April 2016

Cemilan Sehat Anti Lapar

Eits, bukan cuma anak-anak yang perlu cemilan. Anda pun butuh cemilan untuk memastikan tubuh Anda tetap segar dan kuat sepanjang hari. Karenanya, pilihlah cemilan yang sarat energi. Ikuti tips berikut dalam memilih cemilan!

Kacang

Kebanyakan wanita menghindari kacang-kacangan, karena kacang diyakinin mengandung banyak lemak. Tapi, tahukah Anda, bahwa ada dua jenis lemak--yaitu lemak baik dan jahat? Kacang Walnut dan Almon, misalnya, mengandung kadar lemak tak jenuh dan Omega 3. Kacang Brazil, misalnya, adalah sumber Selenium yang bailk. Sementara kacang almon, mede, pistachio, dan hazelnuts sangat kaya akan zat besi.

Buah Kering dan Biji-Bijian

Banyak granola bars mengandung kadar gula yang tinggi. Pilihlah biji bunga matahari yang kaya akan Omega 6, Aprikot kering (tanpa sulfite), Kismis, dan aneka buah berry yang mengandung zat besi, kalsium, dan simpanan kalori yang cukup.

Dark Chocolate atau Licorice

Beberapa strip dark chocolate (dengan kadar cocoa yang cukup pekat) dan licorice adalah pilihan tepat jika Anda membutuhkan zat besi ekstra. Dark chocolate juga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Pisang

Dalam pisang matang kandungan pati telah terkonversi menjadi gula, sehingga buah ini pun jadi lebih mudah dicerna tubuh. Coba makan pisang bersama dengan aneka kacang-kacangan untuk energi yang lebih tahan lama.

Gandum

Gandum mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengandung banyak serat, vitamin B, vitamin E, zat besi, dan seng. Biskuit gandum, misalnya, mampu memberikan Anda energi yang tahan lama. Gunakan Mentega Almon (menggantikan butter biasa) untuk olesan di atasnya. Mentega Almon kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E.

Ketimun
Buah letimun mampu memberikan kelembaban pada tubuh dan baik untuk otot, jaringan tubuh, dan tulang.

Apel

Buah apel adalah sumber energi yang baik, yang juga mampu melancarkan pencernaan.

Rahasia mengontrol godaan mengemil:

1. Hindari manisan. Tentu, Anda boleh menikmati aneka manisan sesekali. Tapi jika dapur Anda didominasi cemilan manis seperti kukis dan permen, Anda mungkin harus berkomitmen untuk membuang semuanya.

2. Pegang sesuatu, selain cemilan. Jika Anda suka menonton film sambil memegang popcorn, coba sesekali menggenggam air minum botolan untuk menggantikan popcorn!

3. Pastikan Anda selalu sibuk. Misalnya, ketika Anda sedang sibuk menyiapkan cemilan untuk anak-anak di rumah, Anda bisa mengalihkan perhatian Anda pada TTS (Teka-Teki Silang) di dapur. Atau, jika Anda sedang menunggu si kecil di sekolah, Anda bisa mensiasati hasrat mengemil dengan meminum kopi dengan sedikit gula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar