Rabu, 13 Agustus 2014

Memahami Arti “Ngidam” Makanan Tertentu

VIVAlife – Waktu makan siang sudah berakhir, tapi benak Anda tidak bisa lepas dari sebungkus cokelat yang sekilas Anda lihat di kantin. Atau tiba-tiba di tengah malam Anda mendadak menginginkan makanan manis. Apa yang sebenarnya terjadi?

Tahukah Anda, mengidam makanan tertentu bukan hanya dialami para ibu hamil. Sebenarnya, saat Anda tiba-tiba dikuasai keinginan mendesak untuk mengudap makanan tertentu, bisa jadi itu merupakan sinyal darurat yang dikirimkan tubuh.

Dengan kata lain, tubuh Anda “menjerit” akibat kekurangan nutrisi penting yang diperlukan untuk metabolisme.

Hanya saja, Anda harus bisa membedakan antara rasa lapar biasa dengan rasa ngidam makanan tertentu. Seperti apa? Simak artinya seperti dilansir Daily Mail, di bawah ini:

Cokelat

Saat Anda tiba-tiba ingin makan cokelat, tanpa peduli bentuknya, itu berarti tubuh Anda tengah kekurangan zat mineral esensial, terutama magenesium. Cokelat kaya akan magnesium yang berfungsi menjaga keseimbangan hormon.

Wanita biasanya ingin makan cokelat saat tengah berada dalam kondisi stres atau menjelang menstruasi. Alasannya, saat menstruasi, kadar mineral esensial dalam tubuh berkurang drastis, yang menyebabkan beragam permasalahan terkait hormonal, atau yang lebih dikenal dengan sebutan pre-menstrual syndrome (PMS).

Saat Anda mengidam cokelat, sebaiknya pilih coklat murni atau dark chocolate yang mengandung lebih dari 70 persen cokelat. Kudapan cokelat lainnya biasanya sudah banyak tercampur susu dan gula sehingga kadarnya rendah.

Es

Memang terdengar aneh, tapi saat Anda mendadak ingin minum minuman dingin atau bahkan “mengemil” es, tandanya tubuh kekurangan zat besi atau Anda menderita anemia. Jika hal ini kerap terjadi, lebih baik Anda menemui dokter atau mengganti diet harian dengan menu kaya zat besi, seperti daging merah dan sayuran berserat seperti bayam dan kangkung. Tidak hanya itu, mengonsumsi suplemen kaya zat besi juga bisa menjadi alternatif.

Gula

Keinginan mengudap gula atau makanan manis, terutama di malam hari, berarti tubuh Anda kekurangan kromium. Mineral esensial tersebut bekerja bersama insulin untuk memfasilitasi pendistribusian glukosa dalam darah menuju sel-sel tubuh. Tapi, saat tubuh mengidam gula, jangan serta-merta dituruti. Sebaliknya, konsumsi makanan kaya kromium seperti hati, ayam, wortel, kentang atau telur yang sekaligus bisa mengembalikan energi tubuh.

Daging

Jika Anda mendadak ingin makan daging merah, berarti tubuh kekurangan zat besi dan seng. Kedua mineral esensial tersebut berfungsi dalam mempertahankan kekebalan tubuh. Jika Anda mengabaikan sinyal tersebut, maka Anda akan mudah terserang flu. Alternatif lain selain daging merah yang bagus sebagai sumber zat besi adalah labu, kerang, bayam, serta roti gandum.

Keju

Anda ingin mengudap keju diantara waktu makan? Itu tandanya tubuh kekurangan kalsium. Jika ingin tetap mempertahankan berat badan dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi keju, Anda bisa mengganti sumber makanan kaya kalsium lainnya seperti salmon, sarden, brokoli dan kacang almond.

Karbohidrat
Keinginan yang luar biasa untuk mengudap makanan mengandung karbohidrat berarti tubuh memberikan sinyal bahwa Anda kekurangan asam amino triptofan, yang mengatur mood dan hormon seksual. Kekurangan triptofan juga ditandai dengan perubahan mood, rasa cemas berlebih dan insomnia. Agar kadar karbohidrat terpenuhi dan kadar gula tetap terjaga, ganti nasi dan roti dengan pisang, susu, telur atau daging kalkun. (ren)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar