Rabu, 15 Oktober 2014

Alkohol Tingkatkan Virus HPV pada Pria



VIVAlife - Bagi Anda para pria harus lebih berhati-hati terhadap alkohol. Hal itu, karena menurut sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi alkohol memiliki risiko lebih besar tertular infeksi human papillomavirus (HPV).

HPV adalah virus yang umum menular secara seksual, dengan lebih dari enam juta kasus baru dilaporkan di Amerika Serikat setiap tahunnya. Temuan tersebut menunjukkan, pria yang mengonsumsi rata-rata lebih dari 9,9 gram alkohol per hari, memiliki risiko lebih tinggi infeksi HPV. 

Mereka yang minum lebih banyak alkohol, memiliki peningkatan risiko infeksi HPV, independen dari jumlah pasangan seksual mereka. Virus HPV mengganggu respons imun pria.

"Temuan kami memberikan dukungan tambahan untuk pesan kesehatan masyarakat tentang pentingnya konsumsi alkohol moderat, berhenti merokok dan praktek seks yang aman," kata peneliti Matthew Schabath dari Moffitt Cancer Center di Amerika Serikat, dilansir Zeenews India, Selasa 7 Oktober 2014.

HPV menyebabkan kutil kelamin pada pria dan wanita. Itu merupakan faktor yang berkontribusi terhadap sejumlah kanker yang berbeda pada wanita, termasuk serviks, vagina, dan kanker anal. 

Penelitian-penelitian terbaru telah menunjukkan HPV yang juga dapat menyebabkan kanker penis, dubur, dan orofaringeal pada pria.

Untuk studi baru, para peneliti menganalisis faktor-faktor risiko potensial untuk infeksi HPV pada lebih dari 1.300 orang di Amerika Serikat. Analisis DNA digunakan untuk mengkonfirmasi kehadiran HPV dan peserta menjawab survei rinci tentang konsumsi alkohol, merokok dan aktivitas seksual. (asp)

sumber:
http://life.viva.co.id/news/read/545513-studi--alkohol-tingkatkan-virus-hpv-pada-pria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar