Minggu, 11 November 2012

Penggabungan Usaha


Penggabungan Usaha
Merupakan pernyataan dua atau lebih perusahaan yang terpisah menjadi satu entitas ekonomi karena satu entitas ekonomi karena satu perusahaan menyatu dengan perusahaan lain atau mempunyai kendali (control) atas aktiva dan operasi perusahann lain.
Penggabungan usaha adalah usaha pengembangan atau perluasan perusahaan dengan cara menyatukan perusahaan dengan satu atau lebih perusahaan lain menjadi satu kesatuan ekonomi.
Ø   Jenis dan bentuk penggabungan usaha:
Jenis penggabungan usaha:
a.    Akuisisi adalah suatu penggabungan usaha dimana salah satu perusahaan yaitu pengakuisisi, dengan memberikan aktiva tertentu, mengakui suatu kewajiban atau mengeluarkan saham.
b.    Penyatuan kepemilikan adalah suatu penggabungan usaha dimana para pemegang saham perusahaan yang bergabung bersama-sama menyatukan kendali atas seluruh aktiva neto dan operasi kendali perusahaan yang bergabung tersebut dan selajutnya memikul bersama-sama resiko dan manfat yang melekat pada entitas gabungan, sehingga tidak ada pihak yang dapat diindentifikasi sebagai perusahaan akuisisi.

Ø   Bentuk penggabungan usaha:
Dari segi hukum:
a.    Merger = Penggabungan uasaha dengan carasatu perusahaan membeli perusahaanlain yang kemudian perusahaan yang dibelinya tersebut menjadi anak perusahaannya atau dibubarkan.
b.    Konsolidasi = Penggabungan usaha dengan cara satu perusahaan bergabung dengan perusahaan lain membentuk satu perusahaan baru.
c.    Afiliasi = Penggabungan usaha dengan cara membeli sebagian besar saham atau seluruh saham perusahaan lain untuk memperoleh hak pengendalian.
Ø   Sifat penggabungan usaha:
a.    Horizontal Iintegration adalah perusahaan-perusahaan dalam lini uasaha atau pasar yang sama. Misal: perusahaan consumer product bergabung dengan perusahaan consumer product juga.
b.    Vertika Integration adalah  penggabungan dua atau lebih perusahaan dengan operasi yang berbeda, secara berturut-turut , tahapan produksi usaha atau distribusi yang sama. Misal : Merck dan Co salah satu produsen obat terbesar mengakuisisi Medco Containment Services, Inc, distributor obat-obatan dokter.
c.    Conglomeration adalah perusahaan-perusahaan dengan produk atau jasa yang tidak saling berhubungan dan bermacam-macam
Ø   Metode pencatatan penggabungan usaha:
a.    Metode penyatuan kepemilikan
b.    Metode pembelian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar